Pendidikan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

IPA KELAS 4 SEMESTER 1

Oleh :

YULIS INDRIYANI       (071644207)


JURUSAN S1 PGSD

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                   : SDN REJENI

Mata Pelajaran      : IPA

Kelas / Semester    : IV / I

Alokasi Waktu       :  3(2 x 35) ( 3pertemuan )

Standar Kompetensi . 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya    dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar :  8.1  Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta  sifat-sifatnya

Indikator :

Produk

  1. Menyimpulkan pengertian energi panas secara umum
  2. Menyebutkan berbagai macam sumber energi panas
  3. Mendiskripsikan manfaat dari masing-masing sumber energi panas
  4. Mengidentifikasi macam-macam proses perpindahan panas
  5. Mendiskripsikan bagaimana terjadinya bunyi
  6. Mengidentifikasi cara perambatan bunyi (pada benda padat, cair, gas)

Proses

  1. Menyelidiki tentang uji coba proses perpindahan panas
  2. Menyelidiki tentang uji coba proses perambatan bunyi
  3. Menggunakan alat-alat percobaan dengan benar

Psikomotor

  1. Membuat laporan kegiatan
  2. Membuat kesimpulan dari hasil percobaan

Keterampilan sosial

  1. Melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya, berpendapat
  2. Melakukan kerjasama dan berdiskusi dalam kelompok

A. Tujuan Pembelajaran

Produk

  1. Diberikan berbagai contoh penggunaaan energi panas dalam kegiatan sehari-hari siswa mampu menyimpulkan pengertian energi panas secara umum
  2. Diberikan konsep dalam buku siswa tentang sumber energi panas, siswa dapat menyebutkan berbagai macam sumber energi panas
  3. Melalui pengalaman sehari-hari, siswa mampu mendiskripsikan manfaat dari masing-masing sumber energi panas
  4. Dengan melakukan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam proses perpindahan panas
  5. Dengan mendemonstrasikan memainkan alat musik gitar siswa mampu mendiskripsikan bagaimana terjadinya bunyi
  6. Dengan melakukan percobaan,siswa dapat mengidentifikasi cara perambatan bunyi (pada benda padat, cair, gas)

Proses

  1. Diberikan alat dan bahan siswa dapat menyelidiki tentang uji coba proses perpindahan panas
  2. Diberikan alat dan bahan siswa dapat menyelidiki tentang uji coba proses perambatan bunyi (pada benda padat, cair, gas)
  3. Diberikan alat dan bahan, siswa dapat menggunakan alat-alat percobaan dengan benar

Psikomotor

  1. Diberikan lembar kerja siswa, siswa dapat membuat laporan kegiatan
  2. Berdasarkan praktikum yang telah dilakukan, serta analisis data melalui LKS, siswa dapat membuat kesimpulan

Keterampilan sosial

  1. Terlibat dalam KBM yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya dan berpendapat
  2. Siswa dapat aktif bekerja sama dalam berdiskusi kelompok.

B. Materi Pembelajaran

  1. Sumber energi panas
  2. Perpindahan energi panas
  3. Sumber energi bunyi
  4. Perambatan bunyi

C. Model Pembelajaran

Pertemuan 1 : materi tentang sumber energi panas

1. Model   : Pembelajaran Kooperatif tipe zig saw
2. Metode : ceramah bermakna, tanya jawab, diskusi, penugasan
Pertemuan 2 : materi tentang perpindahan energi panas
1. Model   : Pembelajaran Inkuiri
2. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, eksperimen, penugasan

Pertemuan 3 : materi tentang sumber energi bunyi dan perambatan bunyi
1. Model   : Pembelajaran Kooperatif tipe TPS
2. Metode : ceramah bermakna, tanya jawab, diskusi, presentasi
D. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2x 35 menit)
Tujuan pembelajaran produk nomor 1, 2, 3
Pembukaan (± 5 menit)

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (fase 1: menyampaikan tujuan) Terlaksana / tidak

Inti (±  50 menit)

1. Tanya jawab tentang energi panas. Misalnya :Bagaimana cara mengeringkan pakaian yang basah?Apa yang terjadi bila panci dipanaskan?Serta menjelaskan secara singkat tentang energi panas. Sehingga siswa dapat  menyimpulkan  pengertian energi panas secara umum

(fase 2: menyampaikan informasi)

Terlaksana / tidak
2. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 5 orang anak (Fase 3: membuat kelompok diskusi) Terlaksana / tidak
Masing-masing anggota kelompok kecil tersebut di beri tugas yang berbeda-beda yaitu mengidentifikasi manfaat dari sumber-sumber panas. Antara lain :

  1. Matahari
  2. Bahan bakar
  3. Listrik
  4. Makanan
  5. Gesekan

Setiap anak memilih satu topik bahasan. Misalnya mengidentifikasi manfaat dari sumber panas yang berupa listrik, dsb (pembagian tugas setiap anggota kelompok)

Terlaksana / tidak
Siswa yang memiliki tugas yang sama, berkumpul dalam satu kelompok. Yaitu kelompok ahli untuk membahas / mendiskusikan tugas yang dimiliki. (bergabung dengan kelompok ahli ) Terlaksana / tidak
Guru memantau jalannya diskusi agar diskusi bisa berjalan dengan baik dan aktif. Serta menghindari terjadinya salah konsep Kelompok ahli kembali kekelompok asal dan setiap siswa berusaha menjelaskan hasil diskusinya di kelompok ahli kepada teman-temannya dikelompok asal (kembali ke kelompok awal) Terlaksana / tidak
3. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari (Fase 4: merangkum materi) Terlaksana / tidak


Kegiatan Akhir (± 15 menit )

1. Guru memberi soal-soal evaluasi kepada siswa (fase 5: evaluasi) Terlaksana / tidak
2. Guru memberikan penghargaan kepada kepada kelompok  yang paling aktif dalam berdiskusi (Fase 6: penghargaan) Terlaksana / tidak





Pertemuan Kedua (2×35 menit)
Tujuan pembelajaran produk nomor 4, tujuan pembelajaran proses nomor 1,3 dan tujuan pembelajaran psikomor nomor 1,2
Pembukaan (± 10 menit)

1. Guru memberi contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari seperti: ketika membuat minuman panas, gelas terasa panas bila dipegang (Fase 1 : Observasi untuk menemukan masalah) Terlaksana / tidak

Inti (± 50menit)

1. Guru mengawali kegiatan inti dengan membantu siswa merumuskan pertanyaan sebagai berikut : Apakah panas dapat berpindah? dan Bagaimana cara perpindahan panas? (Fase 2 : Merumuskan masalah ) Terlaksana / tidak
2. Guru meminta siswa untuk mengemukakan jawaban sementara atas pertanyaan yang telah dirumuskan tersebut (Fase 3 : Mengajukan Hipotesis ) Terlaksana / tidak
3. Selanjutnya guru membimbing para siswa untuk melakukan penyelidikan yaitu melalui eksperimen supaya menemukan jawaban dari pertanyaan yang telah dirumuskan (Fase 4 : Merencanakan pemecahan masalah) Terlaksana / tidak
4. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa)
5. Siswa menyiapkan berbagai macam alat yang dibutuhkan dalam percobaanGuru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan percobaan yaitu menguji perpindahan panas dengan dan tanpa zat perantara.(LKS terlampir)(Fase 5 : Melaksanakan eksperimen) Terlaksana / tidak
6. Selama melakukan eksperimen, siswa melakukan pengamatan dan mencatat reaksi yang terjadi. (Fase 6 : Melakukan pengamatan dan pengumpulan data) Terlaksana / tidak
7. Siswa mmenganalisis data dengan cara mengisi lembar kerja yang telah disediakan oleh guru. (Fase 7 : Analisis data ) Terlaksana / tidak


Kegiatan Akhir ( 10 menit )

1. Salah satu perwakilan kelompok membacakan hasil dari praktikum yang telah dilakukan. Terlaksana / tidak
2. Guru dan siswa menyimpulkan hasil dari percobaan tersebut.(Fase 8 : Penarikan kesimpulan atau penemuan) Terlaksana / tidak


Pertemuan Ketiga (2×35 menit)
Tujuan pembelajaran produk nomor 5,6, tujuan pembelajaran proses nomor 2,3 dan tujuan pembelajaran psikomor nomor 1
Pembukaan (± 10 menit)

1. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan Memotivasi siswa dengan mendemonstrasikan memainkan beberapa alat musik seperti gitar, gendrang, dll (fase 1 : menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) Terlaksana / tidak

Inti (±  50 menit)

1.

Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran yaitu tentang bagaimanakah perambatan bunyi?

Kemudian siswa diminta mengamati ketika alat musik dimainkan dan menjelaskan bagaimana bunyi terjadi yaitu adanya benda yang bergetar dan membutuhkan media perambatan. (fase 2 : menyampaikan informasi)

Terlaksana / tidak
2. Siswa membuat kelompok secara berpasangan (2 orang) (fase 3 : mengorganisasikian siswa kedalam kelompok-kelompok belajar) Terlaksana / tidak
3. Guru membimbing siswa untuk :a)      Siswa mencari informasi dengan membaca materi tentang perambatan bunyi dan meminta siswa menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri, apakah bunyi dapat merampat pada benda padat, cair, gas. (think)b)      Melakukan uji coba untuk membuktikan proses perambatan bunyi (pada benda padat, cair, gas) dengan alat dan bahan yang ada, secara berpasangan. Interaksi selama waktu yang disediakan dapat menyatukan jawaban.(pair)c)      Guru meminta pasangan-pasangan siswa mempresentasikan hasil uji coba untuk berbagi yang telah meraka bicarakan dengan keseluruhan kelas (share)

(Fase 4 :Membimbing kelompok bekerja dan belajar)

Terlaksana / tidak


Kegiatan Akhir (± 10 menit)

1. Guru memberi umpan balik berupa pertanyaan untuk membenarkan bila ada salah konsep (fase 5 : evaluasi) Terlaksana / tidak
2. Memberi penghargaan bagi kelompok / pasangan yang terbaik/paling aktif Terlaksana / tidak

E. Sumber pembelajaran
Buku siswa :
Sains Sahabatku kelas 4.hal 123-144. Pengarang Sunarto Rachmat. 2007. Penerbit Ganesa exact
Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas 4 hal 128-132. Pengarang S.Rositawaty-Aris Muharam.2008. Penerbit PT. Metro Pos (Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional)
LKS 1 : Sumber Panas
LKS 2 : Menguji Perpindahan Panas
LKS 3 : Sumber Dan Perambatan Bunyi
Kunci LKS 1, Kunci LKS 2, Kunci LKS 3
Lembar penilaian (LP) produk, proses, psikomotor, ketrampilan proses
F. Alat dan bahan
LKS 2 :

 Korek api
 Tungku pembakar
 Lampu spirtus
 Air
 Gelas kimia
 Sendok
 Tang
 Serbuk gergaji
LKS 3:
 Alat musik (gitar, rebana)
 Jam tangan
 Penggaris
 Batu
 Ember
 air




Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas IV



ANA RACHMAWATI  S.Pd YULIS INDRIYANI, S.Pd
NIP. 071 644 231                                                                NIP. 071 644 207

LEMBAR KERJA SISWA INKUIRI

Hari / Tanggal                       :
Nama anggota kelompok      : 1.
2.
3.
4.
5.

Perpindahan Panas
Saat membuat minuman panas, pasti gelas akan terasa panas jika disentuh, itu menunjukkan bahwasannya ada perpindahan panas atau  kejadian itu menunjukkan bahwa panas dapat berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang dingin. Tidak hanya itu panas matahari sampai ke bumi juga merupakan suatu bentuk perpindahan panas.
Adapun macam-macam perpindahan panas adalah sebagai berikut :perpindahan panas tanpa perpindahan zat (konduksi) misalnya, perpindahan panas melalui benda-benda padat. Perpindahan panas disertai perpindahan zat (konveksi) contoh melalui benda cair yaitu pada saat kita merebus air,mula-mula air bagian bawah yang panas terlebih dahulu, beberapa saat kemudian air di panci menjadi panas seluruhnya. Perpindahan panas tanpa zat perantara(radiasi) yaitu panas matahari yang sampai ke bumi dengan cara memancar tanpa zat perantara

Judul              :  Menguji perpindahan panas
Tujuan          : Untuk mengetahui apakah panas dapat berpindah
Menemukan macam-macam cara perpindahan panas

Masalah          :
Percobaan ini akan membantumu dalam membuktikan tentang :
masalah 1 : apakah panas dapat berpindah ?
masalah 2 : bagaimana cara perpindahan panas ?
Hipotesis         :
Kemudian buatlah hipotesis (dugaan sementara) yang bisa kamu pikirkan untuk menjawab masalah tentang perpindahan panas
……………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………
Alat dan bahan          :
 Korek api
 Tungku pembakar
 Lampu spirtus
 Air
 Gelas kimia
 Sendok
 Tang
 Serbuk gergaji
Untuk membuktikan hipotesis yang kamu buat, lakukanlah prosedur kerja di bawah ini:
Kegiatan 1:
Tujuan     : untuk membuktikan apakah panas berpindah disertai perpindahan zat (konveksi) melalui zat cair
menyalakan lampu spirtus dengan korek api
memanaskan air dalam gelas kimia
memasukkan serbuk gergaji
mengamati gerakan serbuk gergaji
mendiskusikan hasil pengamatan
membuat kesimpulan dari hasil percobaan                  
Kegiatan 2:
Tujuan     : untuk membuktikan apakah panas berpindah tanpa disertai perpindahan zat (konduksi)
Meletakkan mentega pada sendok
Menyalakan lilin dan menjepit sendok dengan tang. Memanasi ujung sendok yang tidak ada menteganya pada api lilin
Membiarkan ujung sendok beberapa lama dikenai api. Mengamati mentega. Apa yang terjadi?
Mendiskusikan bersama teman
Membuat kesimpulan dari hasil percobaan


Kegiatan 3:
Tujuan     : membuktikan apakah panas dapat berpindah tanpa zat perantara (radiasi)
Pergi keluar kelas
Berjemur beberapa saat
Apakah yang dirasakan?
Mendiskusikan bersama teman

Setelah melakukan percobaan diatas, tuliskan apa yang kamu amati pada tabel di bawah ini dan Analisis hasil percobaan dengan menjawab pertanyaan di bawah tabel !
Hasil pengamatan kegiatan 1
No Hal yang diamati Perubahan yang terjadi
1. Gerakan serbuk gergaji
2. Air dalam gelas

Apakah air ketika dipanaskan bergerak?
………………………………………………………………………………………………………………………………
Apakah zat dari benda itu sendiri (air)ikut berpindah ketika dipanaskan?
………………………………………………………………………………………………………………………………
Kesimpulan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Hasil pengamatan kegiatan 2
Sebelum Tindakan Perubahan yang terjadi
Mentega pada ujung sendok sebelum dipanaskan : Setelah dipanaskan :

Bagaimana perpindahan panas yang terjadi pada sendok ?
………………………………………………………………………………………………………………………………
Apakah zat dari sendok ikut berpindah ketika dipanaskan ?
………………………………………………………………………………………………………………………………
Kesimpulan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Hasil Pengamatan Kegiatan 3
Yang dirasakan dibawah sinar matahari
Sebelum berjemur Setelah beberapa saat berjemur

Apakah panas matahari sampai ketubuh kita melalui perantara?
………………………………………………………………………………………………………………………………
Kesimpulan :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Buatlah kesimpulan dari ketiga percobaan yang telah kalian lakukan diatas!
1.
2.
3.













KUNCI JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PERTEMUAN KEDUA INKUIRI

Tabel Hasil Pengamatan


Hasil pengamatan kegiatan 1
No Hal yang diamati Perubahan yang terjadi
1. Gerakan serbuk gergaji Berputar dari bawah ke atas menunjukkan aliran panas
2. Air dalam gelas Bagian bawah panas terlebih dahulu kemudian bagian atas mulai terasa panas dan akhirnya seluruh air dalam gelas menjadi panas

Jawab :
ya, air bergerak ketika dipanaskan yaitu bergerak dari bawah ketas
ya,zat dari benda itu sendiri (air)ikut berpindah ketika dipanaskan
Kesimpulan :
panas berpindah disertai oleh perpindahan dari zat itu sendiri  yaitu air.

Hasil pengamatan kegiatan 2
Sebelum Tindakan Perubahan yang terjadi
Mentega pada ujung sendok sebelum dipanaskan :Mentega padat dan tidak meleleh Setelah dipanaskan :Mentega mencair/meleleh

Jawab :
Perpindahan panas yang terjadi pada sendok yaitu dari ujung sendok yang satu (yang dipanaskan) keujung sendok lainnya (yang ada mentega)
Tidak, ketika dipanaskan zat dari sendok tidak ikut berpindah
Kesimpulan :
Panas  dapat berpindah dari ujung sendok ke ujung sendok satunya tanpa disertai oleh perpindahan dari zat itu sendiri

Hasil Pengamatan Kegiatan 3
Yang dirasakan dibawah sinar matahari
Sebelum berjemur :Tubuh tidak terasa panas Setelah beberapa saat berjemur :Tubuh terasa panas

Jawab :
Tidak, panas matahari sampai ketubuh kita tanpa melalui perantara
Kesimpulan :
Panas matahari dapat berpindah tanpa zat perantara. Sehingga tubuh kita pun akan terasa panas.

Panas dapat berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang dingin.Perpindahan panas ada 3 cara :ü   Perpindahan panas disertai perpindahan zat disebut konveksi.ü   Perpindahan panas tanpa disertai perpindahan zat disebut konduksi

ü   Perpindahan panas tanpa zat perantara disebut radiasi

Kesimpulan


Lembar Kerja Siswa (JIG SAW)


Hari / Tanggal                       :
Nama kelompok                    : Matahari
Nama anggota kelompok      :


Diskusikan pertanyaan berikut, bersama kelompokmu
Jelaskan pengertian sumber panas :
Sebutkan  manfaat dari sumber panas matahari dalam kehidupan sehari-hari!
Jelaskan bagaimana sumber tersebut dapat mengeluarkan panas ?

“…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Lembar Kerja Siswa (JIG SAW)



Hari / Tanggal                       :
Nama kelompok                    : Bahan Bakar
Nama anggota kelompok      :



Diskusikan pertanyaan berikut, bersama kelompokmu
Jelaskan pengertian sumber panas :
Sebutkan  manfaat dari sumber panas bahan bakar dalam kehidupan sehari-hari!
Jelaskan bagaimana sumber tersebut dapat mengeluarkan panas ?


Lembar Kerja Siswa (JIG SAW)

Hari / Tanggal                       :
Nama kelompok                    : Listrik
Nama anggota kelompok      :


Diskusikan pertanyaan berikut, bersama kelompokmu
Jelaskan pengertian sumber panas :
Sebutkan  manfaat dari sumber panas listrik dalam kehidupan sehari-hari!
Jelaskan bagaimana sumber tersebut dapat mengeluarkan panas ?
“…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

Lembar Kerja Siswa (JIG SAW)
Hari / Tanggal                       :
Nama kelompok                    : Makanan
Nama anggota kelompok      :

Diskusikan pertanyaan berikut, bersama kelompokmu
Jelaskan pengertian sumber panas :
Sebutkan  manfaat dari sumber panas makanan dalam kehidupan sehari-hari!
Jelaskan bagaimana sumber tersebut dapat mengeluarkan panas ?
Lembar Kerja Siswa (Jig Saw)

Hari / Tanggal                       :
Nama kelompok                    : Gesekan
Nama anggota kelompok      :



Diskusikan pertanyaan berikut, bersama kelompokmu
Jelaskan pengertian sumber panas :
Sebutkan  manfaat dari sumber panas gesekan dalam kehidupan sehari-hari!
Jelaskan bagaimana sumber tersebut dapat mengeluarkan panas ?

KUNCI JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PERTEMUAN PERTAMA  JIGSAW
Pertanyaan diskusi kelompok :
Sumber panas adalah benda-benda yang dapat menghasilkan panas
Sebutkan  manfaat dari sumber panas !

No Sumber Panas Manfaat
1 Matahari
  • untuk menjemur pakaian
  • untuk proses fotosintesis bagi tumbuhan
  • untuk Pembangkit listrik
  • untuk menerangi dan menghangatkan dunia di waktu siang hari
2 Bahan Bakar Bensin, solar, kerosin, avtur sebagai bahan bakar kendaraan bermotorMinyak tanah dan kayu bakar untuk memasak
3 Listrik Dengan cara digunakan secara bersamaan dengan berbagai macam benda elektronik, seperti : menyetrika, memanggang roti, meng-ion rambut, menyoder, dsb.
4 Makanan Terutama terdapat pada makanan karbohidrat, protein dan lemakSebagai tenaga untuk melakukan aktifitas sehari-hariAgar daya tahan tubuh tetap terjaga
5 Gesekan Dapat menimbulkan percikan api atau menimbulkan panas bila dua benda bergesekan.

Sumber tersebut dapat mengeluarkan panas karena :

No Sumber Panas Penyebab Timbulnya Panas
1 Matahari Melalui pancaran dan perpindahan panas matahari
2 Bahan Bakar Dengan cara melakukan proses pembakaran terlebih dahulu
3 Listrik Dengan cara digunakan secara bersamaan dengan berbagai macam benda elektronik.
4 Makanan Untuk dapat menghasilkan panas, zat makanan yang diserap tubuh mengalami proses pembakaran atau oksidasi. Oksidasi terjadi setelah zat makanan bercampur dengan oksigen hasil pernafasan.
5 Gesekan Dengan cara menggosokkan dua permukaan benda secara bersamaan dan terus-menerus.

LEMBAR KERJA SISWA (TPS)
Hari / Tanggal                       :
Nama anggota kelompok      :

Perambatan bunyi
Bunyi merupakan sesuatu yang selalu kita dengar banyak macam bunyi yang kita dengar, ada bunyi kuat dan lemah. Macam bunyi tersebut memiliki sumber bunyi. Bunyi dapat merambat. Melalui perambatan itulah yang membuat kamu dapat mendengar

Diskusikan secara berpasangan :
Apa yang dimaksud dengan sumber bunyi ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Bagaimanakah bunyi dapat sampai ketelinga kita ?
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Berikan contoh-contoh sumber bunyi !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Lakukan kegitan dibawah ini :
Kegiatan 1 :
Tujuan : untuk mengetahui apakah bunyi dapat merambat melalui zat padat
ü  Meletakkan jam tangan pada ujung I penggaris kayu/plastik, menempelkan telinga pada ujung ke II dan mendengarkan detak jarum jam tangan tersebut
Pertanyaan  : Apakah kamu bisa mendengar detak jarum jam tersebut ?
Kesimpulan :

Kegiatan 2 :
Tujuan : untuk mengetahui apakah bunyi dapat merambat melalui zat cair
ü  Mengetukkan kedua batu di dalam air
Pertanyaan  : Apakah kamu bisa mendengar bunyi batu yang beradu ?
Kesimpulan :
Kegiatan 3
Tujuan : untuk mengetahui apakah bunyi dapat merambat melalui zat gas (udara)
ü  Temanmu mengatakan sesuatu pada jarak yang agak jauh
Pertanyaan  : Apakah kamu bisa mendengar suara temanmu tersebut ?
Kesimpulan :




KUNCI JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PERTEMUAN KETIGA
TPS
Jawaban diskusi secara berpasangan :
Sumber bunyi adalah benda-benda yang dapat mengeluarkan bunyi
Bunyi dapat sampai ketelinga kita karena, bunyi dihasilkan dari getaran suatu benda. Dan bunyi sampai ke telinga kita melalui perantara. Yaitu dengan merambat melalui udara.
Contoh-contoh sumber bunyi : Bunyi mobil, anak berteriak, burung berkicau, siaran radio, tv, gitar dipetik, kaleng jatuh, dll
Jawaban kegiatan :

Keg Pertanyaan Jawaban Kesimpulan
1 Apakah kamu bisa mendengar detak jarum jam? dapat Bunyi dapat merambat melalui benda padat yaitu meja sehingga detak jam dapat terdengar
2 Apakah kamu bisa mendengar bunyi batu yang beradu ? dapat Bunyi dapat merambat melalui benda cair yaitu air sehingga ketukan batu dapat terdengar
3 Apakah kamu bisa mendengar suara temanmu tersebut dapat Bunyi dapat merambat melalui benda gas yaitu udara sehingga suara teman kita dapat dapat terdengar


KISI-KISI SOAL EVALUASI

No Indikator Ranah/kategori Soal-soal Jawaban
1 Menyimpulkan pengertian energi panas secara umum KognitifC2(Pemahaman) Energi panas adalah…… Energi yang dimiliki oleh suatu benda karena suhunya
Energi panas disebut juga………… Kalor
Kapankah kamu mempergunakan energi panas ? Ketika menjemur pakaian, ketika menyetrika baju, ketika memasak air, ketika menggunakan kendaraan bermotor.
Benda yang baik dalam menghantarkan panas adalah….a. kayu                c. aluminiumc.   b. plastic            d. bambu c. aluminium
2 Menyebutkan berbagai macam sumber energi panas Kognitif/C2(Pemahaman) Kegiatan yang paling banyak memerluan energi adalah…..

  1. menyapu lantai
  2. membaca buku
  3. menonton televisi
  4. bermain sepabola
d. bermain sepak bola
Sumber energi utama bagi bumi adalah..

  1. gunung berapi         c. air
  2. matahari                  d. angin
b. matahari
Apa yang terjadi bila 2 permukaan benda digesekkan………… Akan menghasilkan panas
Yang disebut sumber panas adalah………………… Benda-benda yang menghasilkan panas
Sebutkan macam-macam (5macam) sumber energi panas! Matahari, bahan bakar, listrik, makanan, gesekan
3 Mendiskripsikan manfaat dari masing-masing sumber energi panas KognitifC4(Analisa) Mobil dapat berjalan karena energi dari….

  1. Mesin                  c. sopir
  2. oli mesin             d. roda
b. Oli mesin
Panas yang pada tubuh kita berasal dari……………….. Makanan
Sebutkan contoh pemanfaatan panas dalam kehidupan sehari-hari! Sebagai pengering pakaian basah, sebagai pembangkit tenaga listrik, sebagai proses fotosintesis
4 Mengidentifikasi macam-macam proses perpindahan panas KognitifC5(sintesis) Proses sampainya panas Matahari sampai ke Bumi terjadi secara…..

  1. konduksi          c. radiasi
  2. konveksi          d. interaksi
c. radiasi
arus konveksi terjadi pada ….yang dipanaskan

  1. kayu                c. ebonit
  2. aluminium      d. air
d. air
Salah satu contoh peristiwa perpindahan panas adalah……………… Saat membuat minuman panas, pasti gelas akan terasa panas jika disentuh
Jelaskan masing-masing perbedaan antara perpindahan konduksi, konveksi, dan radiasi ! Konduksi :  Perpindahan panas tanpa disertai perpindahan zat .Konveksi :   Perpindahan panas disertai perpindahan zat.Radiasi    :   Perpindahan panas tanpa zat perantara
5 Mendiskripsikan bagaimana terjadinya bunyi KognitifC4(Analisa) Setiap benda yang dapat mengeluarkan bunyi disebut….

  1. Sumber bunyi
  2. Energi bunyi
  3. Alat bunyi
  4. Asal bunyi
a. sumber bunyi
Gendang dapat berbuyi karena ada…….yang bergetar

  1. Udara
  2. Kulit (membran)
  3. Bambu
  4. Tangan yang memukul
b. Kulit (membran)
Bunyi bisa terjadi bila……………………… Ada benda yang bergetar
Yang dimaksud dengan bunyi adalah…………… Segala sesuatu yang dapat kita dengar
6 Mengidentifikasi cara perambatan bunyi (pada benda padat, cair, gas) KognitifC5(sintesis) Bunyi marambat paling cepat melalui……

  1. Tanah        c. udara
  2. Air             d. ruang hampa
c. udara
Benda yang paling baik menyerap bunyi adalah….

  1. kaca
  2. selimut tebal
  3. ubin keramik
  4. seng gelombang
b. selimut tebal
Bunyi tidak dapat merambat melalui……………… Ruang hampa udara
Perhatikan gambar berikut.Alat diatas, menggunakan medium atau perantara  bunyi melalui……………….. Benda padat
Berikan contoh kegiatan yang dapat membuktikan perambatan bunyi? Mengetukkan kedua batu di dalam air, kemudian mendengarkan bunyi batu yang beradu. Dalam kegiatan tersebut kita dapat mendengar suara batu diketuk. Hal itu membuktikan bahwa bunyi dapat merambat melalui benda cair
7 Menyelidiki tentang uji coba proses perpindahan panas PsikomotorP3 (Gerakan terbimbing) Penilaian Psikomotor(Rubik Proses) Terlampir
8 Menyelidiki tentang uji coba proses perambatan bunyi PsikomotorP3 (Gerakan terbimbing) Penilaian Psikomotor(Rubik proses ) Terlampir
9 Menggunakan alat-alat percobaan dengan benar Psikomotor/P3 (Gerakan terbimbing) Penilaian Psikomotor(Rubik Proses ) Terlampir
10 Membuat Kesimpulan dari hasil percobaan Psikomotor/P1 (persepsi) Penilaian Psikomotor Terlampir
11 Membuat laporan kegiatan Psikomotor/P3 (Gerakan terbimbing) Penilaian Psikomotor Terlampir
11 Melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya, berpendapat Afektif /A2 (partisipasi) Penilaian Keterampilan Sosial Terlampir
`12 Melakukan kerjasama dan berdiskusi dalam kelompok Afektif /A4 (organisasi) Penilaian Keterampilan Sosial Terlampir



LEMBAR EVALUASI

Nama Siswa              :                                                                       Nilai :
No. Absen                 :

A. Pilihlah jawaban yang paling benar !

  1. Benda yang baik dalam menghantarkan panas adalah….
    1. kayu                      b. plastik        .       c. aluminium           d. bamboo
    2. Kegiatan yang paling banyak memerluan energi adalah…..
      1. menyapu lantai
      2. membaca buku
      3. menonton televise
      4. bermain sepabola
      5. Sumber energi utama bagi bumi adalah..
        1. gunung berapi       b. air                      c. matahari                d. angin
        2. Mobil dapat berjalan karena energi dari ….

a.  mesin                      b. oli mesin           c. sopir                      d. roda
Proses sampainya panas Matahari sampai ke Bumi terjadi secara…..
konduksi                 b. konveksi.          c. radiasi                   d. interaksi
Arus konveksi terjadi pada ….yang dipanaskan

  1. kayu                       b. aluminium        c. ebonit                     d. air
  2. Setiap benda yang dapat mengeluarkan bunyi disebut….
  3. sumber bunyi
  4. energi bunyi
  5. alat bunyi
  6. asal bunyi
  7. Gendang dapat berbuyi karena ada…….yang bergetar
    1. udara
    2. kulit (membran)
    3. bambu
    4. tangan yang memukul
    5. Bunyi marambat paling cepat melalui……
      1. tanah                       b. air                   c. udara                     d. ruang hampa

10.  Benda yang paling baik menyerap bunyi adalah….
kaca
selimut tebal
ubin keramik
seng gelombang

B. Isilah titik di bawah ini!
1.Energi panas adalah…………………………………..
2.Energi panas disebut juga………………………………
3.Yang disebut sumber panas adalah……………….
4.Apa yang terjadi bila 2 permukaan benda digesekkan………………….
5.Panas yang pada tubuh kita berasal dari………………..
6.Salah satu contoh peristiwa perpindahan panas adalah…………………………
7.Yang dimaksud dengan bunyi adalah……………………….
8.Bunyi bisa terjadi bila…………………………………………
9.Bunyi tidak dapat merambat melalui………………………..
10. Perhatikan gambar berikut.
Alat diatas, menggunakan medium atau perantara  bunyi melalui………………..

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini  dengan baik dan benar!
Kapankah kamu mempergunakan energi panas ?
Sebutkan macam-macam (5macam) sumber energi panas!
Sebutkan 3 contoh pemanfaatan panas matahari  dalam kehidupan sehari-hari !
Jelaskan masing-masing perbedaan antara perpindahan konduksi, konveksi, dan radiasi !
Berikan contoh kegiatan yang dapat membuktikan perambatan bunyi?

LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN

A. LEMBAR PENILAIAN PRODUK :
Penskoran Soal Evaluasi
I.   Soal pilihan ganda : skor maksimum   1 x 10 soal = 10
II.  Soal isian               : skor maksimum   4 x 10 soal = 40
III. Soal uraian            : skor maksimum 10 x   5 soal = 50
Skor Maksimum I, II dan III = 10 + 40 + 50  = 100
B. PENILAIAN PROSES
Uji coba perpindahan panas dan perambatan bunyi
Aspek yang dinilai  :  –  keteraturan prosedur kerja
–    ketepatan penggunaan alat dan bahan
–    hasil uji coba
Rubrik penilaian   :
3  =  Pelaksanaan prosedur kerja sesuai urutan, penggunaan alat dan bahan tepat, hasil percobaan berhasil dengan baik
2  =  Pelaksanaan prosedur kerja kurang berurutan, penggunaan alat dan bahan kurang tepat, hasil percobaan tidak sesuai dengan tujuan
1 =  Langkah kerja praktikum tidak sesuai dengan prosedur, kesalahan penggunaan alat dan bahan,  hasil percobaan tidak akurat
C. PENILAIAN PSIKOMOTOR
Membuat laporan kegiatan
Aspek yang dinilai : – ketepatan pengisian laporan
– kerapian pembuatan laporan
– sistematika pembuatan laporan
Rubrik penilaian :
3 =  Isi laporan benar dan jawaban terisi lengkap, laporan terlihat bersih dan rapi, sistematika laporan sesuai urutan
2 =  Isi laporan benar, laporan bersih tapi tulisan kurang rapi, sistematika laporan belum urut
1 =   Isi laporan kurang benar dan jawaban tidak terisi lengkap, tulisan laporan kurang rapi dan kotor, sistematika laporan tidak urut
Membuat kesimpulan
Aspek yang dinilai  : – ketepatan dalam merangkum seluruh hasil percobaan
–    tatanan bahasa dan kata
Rubrik penilaian :
3 = tepat dalam merangkum seluruh hasil percobaan, penggunaan bahasa dan kalimatnya lengkap, padat dan jelas.
2 =  hasil rangkuman kurang mencakup seluruh hasil percobaan, penggunaan bahasa dan kalimatnya kurang lengkap.
1 =  hasil rangkuman tidak sesuai dengan hasil percobaan, penggunaan bahasa dan kalimatnya tidak jelas
D. PENILAIAN KETERAMPILAN SOSIAL
Melakukan kerja sama
Elemen penilaian :   – interaksi dengan anggota kelompok
– keaktifan  dalam bekerja(praktikum)
– kekompakan
Rubrik penilaian :
3  =   interaksi antar teman baik, intensitas kerja tinggi, antar teman kompak saling bekerja sama
2  =   kurang adanya interaksi antar teman, intensitas kerja tinggi  tapi  sering  ngobrol, hanya sebagian anggota yang ikut bekerja
1 =   tidak terlihat adanya interaksi antar teman, intensitas kerja rendah dan sering ngobrol, hanya sebagian anggota yang ikut bekerja
Melakukan komunikasi
Elemen penilaian :   – penyampaian informasi
– intensitas bertanya dan menjawab pertanyaan
– keaktifan berpendapat
Rubrik penilaian :
3 = Penyampaian informasi jelas dan keras, sering bertanya dan menjawab pertanyaan, aktif berpendapat
2 =   Penyampaian informasi jelas dan keras, sering bertanya tapi jarang menjawab pertanyaan, kurang aktif  berpendapat
1 =  Penyampaian informasi kurang jelas, hampir tidak pernah bertanya dan menjawab pertanyaan, selalu bersikap pasif dan takut untuk berpendapat

Lampiran materi

BAB I

ENERGI PANAS

A. Pengertian dan Sumber-sumber Energi Panas?

Energi Panas adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena suhunya. Panas juga muncul dari benda-benda yang dibakar. Panas yang dihasilkan dari pembakaran dapat membangkitkan gaya untuk melakukan kerja. Contoh kegiatan sehari-hari yang memanfaatkan energi panas,antara lain : Kita dapat menghangatkan tubuh kita saat berkemah dengan menyalakan api unggun, Kita dapat mengeringkan pakaian yang basah dengan cara dijemur di panas matahari dan merapikan pakaian dengan cara disetrika.

Benda-benda yang menghasilkan panas disebut “sumber panas”. Adapun berbagai macam sumber panas adalah sebagai berikut:

1. Matahari

Panas matahari sangat besar manfaatnya. Jika di dunia ini tidak ada energi panas dari matahari, bumi menjadi sangat dingin, tidak ada penguapan air laut,dan tidak ada hujan. Bumi mengalami kekeringan dan tumbuh-tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis.

2. Bahan Bakar

Untuk dapat menghasilkan panas, bahan bakar harus melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Ada beberapa macam bahan bakar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber panas,yaitu bahan bakar yang berasal dari olahan minyak bumi seperti bensin, solar, kerosin, dan avtur. Sedangkan bahan bakar yang tidak perlu diolah misalnya kayu bakar.

3. Listrik

Listrik dapat dimanfaatkan untuk memasak, menyetrika, memanggang roti, dsb. Hal ini dapat dilakukan karena energi listrik dapat diubah menjadi energi panas.

4. Makanan

Panas tubuh manusia diperoleh dari makanan yang dimakannya. Beberapa makanan yang dapat menghasilkan energi panas yaitu makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.

Untuk dapat menghasilkan panas, zat makanan yang diserap tubuh mengalami proses pembakaran atau oksidasi. Oksidasi terjadi setelah zat makana tercampur dengan oksigen hasil pernafasan. Denagn adanya panas di dalam tubuh maka kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Gesekan

coba kalian gosok-gosokkan kedua telapak tangan, beberapa saat pasti kita akan merasakan panas. Hal itu menunjukkan bahwa panas dapat timbul bila ada dua benda yang bergesek.

B. Perpindahan Panas

Saat membuat minuman panas, pasti gelas akan terasa panas jika disentuh, itu menunjukkan bahwasannya ada perpindahan panas atau  kejadian itu menunjukkan bahwa panas dapat berpindah dari tempat yang panas ke tempat yang dingin. Tidak hanya itu panas matahari sampai ke bumi juga merupakan suatu bentuk perpindahan panas.

Adapun macam-macam perpindahan panas adalah sebagai berikut :

1. Perpindahan Panas Tanpa Perpindahan Zat

Di dalam sains, perpindahan panas tanpa disertai perpindahan zat yang dipanaskan disebut “konduksi”. Misalnya, perpindahan panas melalui benda-benda padat.

2. Perpindahan Panas Disertai Perpindahan Zat

Panas juga dapat berpindah melalui perantara benda “cair dan udara”. Contoh melalui benda cair yaitu pada saat kita merebus air,mula-mula air bagian bawah yang panas terlebih dahulu, beberapa saat kemudian air di panci menjadi panas seluruhnya. Contoh melalui udara yaitu pada kegiatan berkemah kepramukaan biasanya diadakan api unggun. Pada saat kita duduk dan menghadap api unggun, mula-mula tubuh kita bagian depan panas terlebih dahulu, lama-kelamaan barulah bagian punggung terasa panas.

Jadi, perpindahan panas yang disertai oleh perpindahan zat yang dipanaskan disebut “konveksi”.

3.  Perpindahan Panas Tanpa Zat Perantara

Kita tahu bahwa matahari memanaskan bumi ini setiap hari, dan letak matahari sangat jauh dari bumiyaitu sekitar 150 juta kilometr, tetapi panas matahari dapat mencapai bumi. Panas matahari yang sampai ke bumu dengan cara memancar tanpa zat perantara disebut “radiasi”.

.

BAB II

ENERGI BUNYI

A. Pengertian Sumber Bunyi

Setiap saat kita mendengar bunyi, misalnya bunyi radio, air mengalir, burung berkicau, dan lain sebagainya. Jadi yang dimaksud dengan “sumber bunyi” adalah benda-benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi. Semua Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Getaran adalah gerakan bolak-balik.

Bunyi ada yang kuat dan ada yang lemah. Bunyi yang kuat dihasilkan oleh getaran yang kuat sedangkan bunyi yang lemah dihasilkan oleh getaran yang lemah. Bunyi juga dapat dipantulkan. Ada dua macam bunyi pantul yaitu “Gema dan Gaung”. Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi aslinya. Sedangkan Gaung adalah bunyi yang terdengar hampir bersamaan bunyi aslinya.

B. Bagaimana Bunyi Sampai ke Telinga Kita

Pada umumnya bunyi sampai ke telinga kita melalui perantara udara. Bunyi merambat di udara dalam bentuk gelombang longitudinal. Gelombang Longitudinal berupa rapatan dan regangan yang merambat dari sumber bunyi ke segala arah.

Iklan

1 Komentar

  1. ana said,

    Januari 10, 2010 pada 5:15 am

    rpp-y bs buat siswa lbh aktif…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: